Selasa, 13 Juni 2017

Apa itu Bitcoin? dan beberapa istilah asing di dalamnya.

Miningpoin -Apa itu Bitcoin? Singkatnya, bitcoin adalah sebuah koin virtual yang bernilai jutaan rupiah. Bitcoin pertama kali diciptakan oleh orang jepang yang bernama Satoshi Nakamoto, sama halnya dengan mata uang rupiah dan dolar,

Bitcoin juga memiliki nilai tukar yang bervariasi setiap waktunya, tergantung seberapa banyak orang membeli bitcoin dan seberapa banyak orang menjualnya, jika banyak orang yang membeli bitcoin pada satu waktu maka bitcoin di pasaran akan berkurang, hal tersebutlah yang terkadang membuat nilai tukar bitcoin menjadi tinggi, begitu pula sebaliknya, jika banyak orang yang menjual bitcoin maka jumlah bitcoin di pasaran akan membludak, hal inilah yang dapat membuat nilai tukar bitcoin menjadi rendah.

Namun setelah dilakukan survei nilai tukar atau harga bitcoin tidak pernah turun, terbukti mulai dari tahun 2015 harga 1 Bitcoin hanya berniali sekitar 7 juta  rupiah, Namun sekarang pada tahun 2017 nilai bitcoin sudah di atas 30 juta rupiah. Fantastis bukan?
Sumber gambar : google.com/image
Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin tidak dapat dikatakan sebagai mata uang, bitcoin adalah sebuah benda virtual berbentuk koin yang hanya tersedia di dalam dunia digital, namun harga satu buah bitcoin sangat fantastis dan fluktuatif tergantung harga pasar bitcoin. Begitu pula dengan kegiatan jual belinya, kegiatan jual beli bitcoin atau yang dikenal dengan sebutin Trading juga hanya dapat dilakukan di dunia digital yang tersambung ke jaringan internet. Jadi bitcoin hampir sama dengan eGold walau pada dasarnya sangat berbeda jauh.

Apa itu Wallet bitcoin?

Wallet bitcoin adalah sebuah dompet yang wajib dimiliki setiap pemain bitcoin untuk menampung bitcoin yang sudah terkumpul dari tambang ataupun hasil pembelian bitcoin itu sendiri.

Setiap pemain bitcoin yang tersambung ke jaringan internet dapat melakukan transaksi jual beli bitcoin yang terhubung langsung ke pasar utama bitcoin. Setiap pemainnya wajib memiliki sebuah wallet atau dompet bitcoin yang dapat di daftarkan dengan mudah dan gratis. Wallet bitcoin juga bervariasi, mulai dari wallet yang hanya bisa untuk menyimpan bitcoin hingga wallet yang bisa sekaligus untuk melakukan trading. Untuk cara membuat dompet atau wallet bitcoin, anda dapat membaca di artiket berikut : [...]

Bagaimana cara melakukan jual beli bitcoin di pasar bitcoin?

Jika anda sudah memiliki dompet atau wallet bitcoin yang terverifikasi, maka anda sudah dapat langsung melakukan jual beli bitcoin, namun dengan catatan wallet yang anda gunakan harus memiliki fitur jual beli bitcoin. Biasanya wallet yang dapat digunakan untuk melakukan jual beli selalu disertai dengan "Spot Market'' sehingga anda dapat sekaligus melihat naik turunnya harga pasar, spot market itu berupa diagram naik turunnya harga bitcoin di pasaran.

Konsep jual beli bitcoin sangatlah sederhana, jika harga bitcoin cendrung turun maka anda boleh melakukan investasi dengan membeli bitcoin sebanyak - banyaknya, dan jual lah bitcoin pada harga tertinggi, sehingga anda bisa mendapat keuntunga yang berlipat - lipat.

Sama halnya dengan membeli barang di pasar, anda tidak mungkin membeli jika harga barang tersebut relatif tinggi, begitu pula sebaliknya, anda akan mendapat keuntungan jika menjual barang tersebut dengan harga tinggi. Harga bitcoin itu sendiri cendrung fluktuatif dan berubah - ubah setiap waktunya sehingga anda harus jeli membaca diagram pasar bitcoin.

Apa Keuntungan Berinvestasi Bitcoin?

Banyak sekali barang yang dapat di investasikan untuk menghasilkan pundi - pundi rupiah. Namun, barang tersebut harus tidak mudah termakan waktu, maksudnya harganya selalu meningkat dari tahun ke tahun sehingga anda dapat menghasilkan keuntungan yang banyak.

Salah satu jawabannya adalah Bitcoin. Mengapa? Sama halnya dengan tanah dan emas, harga bitcoin selalu memuncak dari tahun ke tahun, terbukti pada tahun 2017 harga satu buah bitcoin sudah mencapai angka 40 juta rupiah. Walau terkadang agak sedikit turun ke angka 30 jutaan, namun secara keseluruhan harga satu buah bitcoin selalu naik dari tahun ke tahun.

Maka dari itu investasi bitcoin sangatlah direkomendasikan bagi orang - orang yang jeli melihat harga pasar dan ingin mendapatkan keuntungan jutaan rupiah.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin secara gratis?

Bisakah bitcoin didapatkan secara gratis? jawabannya iya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan tambang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mining Bitcoin.

Mining bitcoin dapat dilakukan di beberapa situs penyedia layanan mining, Mining bitcoin itu sendiri bervariasi, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar, dan tentu memiliki hasil yang bervariasi pula, tergantung minat anda. Namun kebanyakan orang pasti memilih yang gratisan, untuk beberapa situs tersebut anda dapat melihat di artikel berikut : [Mendapatkan bitcoin gratis]

Beberapa istilah dalam dunia bitcoin?

1. Spot Market

Spot market adalah pusat pasar bitcoin dimana anda dapat memantau grafik naik turunnya harga bitcoin dan sekaligus dapat melakukan transaksi, baik itu membeli bitcoin ataupun menjual bitcoin.

2. Wallet bitcoin

Wallet bitcoin adalah sebuah dompet virtual yang berguna untuk menampung bitcoin dengan jumlah tak terhingga. Setiap pemain bitcoin wajib mempunyai wallet bitcoin, untuk itu anda dapat mendaftarkan diri anda di vip.bitcoin.co.id secara mudah dan gratis, bagi yang masih belum paham bagaimana cara mendaftarkannya dapat membaca artikel berikut [...]

3. Bitcoin Adress

Bitcoin adress adalah sebuah kode kombinasi angka dan huruf yang merupakan sebuah alamat dompet atau alamat wallet bitcoin anda. Sama halnya seperti nomor rekening bank, bitcoin adress sangatlah penting, karena setiap transaksi memerlukan bitcoin adress, mulai dari proses mining, hingga proses transaksi seperti kirim dan terima bitcoin.

Dengan Bitcoin Adress anda dapat melakukan transaksi dengan teman anda yang sudah memiliki dompet atau wallet bitcoin. Bitcoin adress dapat anda temukan di dompet atau wallet bitcoin anda.

4. Withdraw

Withdraw atau yang sering disingkat WD adalah sebutan untuk proses penarikan/pengambilan sejumlah bitcoin dari situs pusat tambang ke dalam dompet atau wallet bitcoin. Banyaknya nominal bitcoin yang dapat di WD juga bervariasi, tergantung batas terkecil yang ditentukan oleh situs tambang/mining bersangkutan. Biasa nominal tersebut di tulis dalam satuan satoshi (satuan terkecil dari bitcoin). Contoh : harus mencapai 0,005 Satoshi barulah bisa melakukan proses WD.

5. Satoshi

Satoshi adalah satuan terkecil dalam dunia bitcoin, 1 bitcoin benilai 100 juta Satoshi. Dalam kurs sekarang 1 bitcoin adalah 35 juta rupiah, maka satu satoshi bernilai sekitar 0,35 rupiah, untuk 10 satoshi dan seterusnya anda dapat menghitungnya sendiri.

6. BTC

Btc adalah singkatan dari Bitcoin. 1 Bitcoin = 1 Btc.

7. Altcoin

Altcoin adalah gabungan dari beberapa nilai tukar bitcoin termasuk ; ETH Coin (Etherium), BTS Coin (BitShares), NXT, dan lain - lain.


Mungkin untuk sementara hanya itu yang dapat saya jelaskan, mungkin kedepannya artikel ini akan terus saya perbaharui mengingat sudah mulai maraknya peminat bitcoin di indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda yang ingin belajar berinvestasi di dunia bitcoin. Terimakasih.

Baca juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar